English EN Indonesian ID

Atlet Taekwondo Poomsae Kota Bandung Juara di Korea Selatan

Dua taekwondoin Kota Bandung berhasil menggondol gelar juara pada nomor poomsae perseorangan ajang kejuaraan taekwondo 2018 Mission Cup di Korea Selatan. Pencapaian ini menjadi modal positif bagi taekwondo Kota Bandung dalam persiapan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 di Kabupaten Bogor.

Kedua taekwondoin peraih emas kejuaraan tersebut adalah Axel Rizki yang turun pada nomor poomsae perseorangan putra dan Wulan Kusuma pada nomor poomsae perseorangan putri. Keduanya merupakan atlet peserta program pemusatan latihan selama 45 hari di Korea Selatan yang diprakarsai Komite Olahraga Nasional Indonesia Jabar.

“Mereka mengikuti kejuaraan pada 22 Mei lalu pada penghujung program pemusatan latihan di Korea Selatan, sebelum pulang ke Indonesia. Alhamdulilah juara poomsae putra putri,” ujar Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kota Bandung Sepranadja di Sekretariat Pengcab TI Kota Bandunga, Jalan Terusan Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Dia mengatakan, meskipun merupakan bagian program pemusatan latihan, tryout tersebut cukup kompetitif karena digelar di Korea Selatan dan diikuti oleh atlet-atlet tuan rumah. Sepranadja berharap, hasil program latihan di Korea Selatan dan pencapaian pada kejuaraan tersebut akan menjadi penambah motovasi atlet Kota Bandung untuk bisa berprestasi pada ajang Porda.

“Axel dan Wulan merupakan atlet potensial Kota Bandung yang diproyeksikan untuk menghadapi berbagai kejuaraan, termasuk Porda. Kami berharap mereka mendapatkan banyak pengalaman dan peningkatan kualitas dari program serta tryout di Korea Selatan sehingga bisa meraih prestasi terbaik di Porda nanti,” ujar Sepranadja.

Selain Axel dan Wulan, atlet Kota Bandung yang baru pulang menjalani program latihan di Korea Selatan adalah Rachmania. Pada Porda nanti, tim Kota Bandung juga akan bertumpu pada atlet-atlet peraih medali emas PON seperti Megawati Tamesti Maneswari, Mochamad Rizaldi Hasibuan, Bintang Bagastian Nugraha, dan peraih medali perak Annisa Chintya (kyorugi).

Persaingan dengan tuan rumah Kabupaten Bogor, kata Sepranadja, akan berlangsung ketat seperti pada Porda XII/2014 di Kabupaten Bekasi. Saat itu, Kota Bandung meraih juara umum taekwondo dengan koleksi lima medali emas. Raihan medali emas Kota Bandung sama dengan Kabupaten Bogor, namun unggul dalam perolehan medali perak.

“Kami akan mempersiapkan atlet semaksimal mungkin melalui latihan dan tryout-tryout kompetitif secara maraton sampai dua bulan menjelang pelaksanaan Porda. Dengan persiapan optimal, kami harap bisa meraih juara umum di Bogor,” ujar Sepranadja. (ABK/DIN)*


Sumber : InBewara

Related Posts

Leave a Reply