English EN Indonesian ID

KONI Kota Bandung Dapat Penghargaan, Nuryadi : Sebuah Fakta yang Tidak Bisa Dipungkiri

KONI Kota Bandung yang selalu memberikan kontribusi besar untuk olah raga Jawa Barat, mendapat penghargaan sebagai KONI daerah yang paling berprestasi.

Pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin dan terima oleh Ketua Umum KONI Kota Bandung, Dr Nuryadi M.Pd pada pembukaan Rapat Kerja KONI Jawa Barat di Hotel Preanger, Selasa 21 Desember 2021.

Nuryadi mengatakan keberhasilan menerima penghargaan ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari pemerintah Kota Bandung, DPRD Kota Bandung, jajaran pengurus KONI Kota Bandunbg, masyarakat insan olahraga Kota Bandung.

“Dan tentu saja seluruh induk cabang olahraga yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk keolahragaan Kota Bandung. Tanpa mereka semua, tidak mungkin hal ini terjadi. Terima kasih kepada Pemprov dan KONI Jabar yang telah memberikan penghargaan ini,” kata Nuryadi.

“Kami tentu sangat gembira dengan pemberian pengharaan sebagai KONI daerah terbaik karena prestasinya dalam pembinaan olahraga, tapi ini menjadi tantangan untuk kedepannya,” ucap Nuryadi.

Dakatakan Nuryadi pemberian penghargaan ini sebagai fakta yang tidak terbantahkan jika peranan Kota Bandung dalam memberikan kontribusi yang begitu besar kepada prestasi Jawa Barat dalam setiap event PON.

“Kota Bandung memang gagal jadi juara umum dalam dua kali Porda di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Itu dilihat dari sisi konsep jumlah medali dalam dua porda tersebut, tapi kita Kota Bandung selalu mampu memberikan kontribusi terbesar untuk Jabar di setiap perhelatan PON dan pemberian penghargaan ini sebuah fakta yang tidak bisa di pungkiri,” ucap Nuryadi.

Nuryadi menyebutkan hal ini yang bisa dipersembahkan oleh Kota Bandung dalam artian dari PON ke PON selalu memberikan kontribusi besar dalam jumlah atlet, jumlah pelatih.

“Begitu juga denan kontribusi jumlah medali yang diraih dalam berbagai even baik single maupun multi event sepert PON yang luar biasa tinggi dan ini pengakuan dari berbagai pihak dan datanya seperti itu,” ucapnya.

Pada perhelatan PON XX Papua 2021, Jawa Barat tampil sebagai juara umum. Kontingen Jawa Barat yang mengirimkan 769 atlet meraih 353 medali terdiri dari 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu.

Keberhasilan kontingen Jawa Barat menjadi juara umum, salah satunya tidak terlepas dari sumbangan para atlet Kota Bandung yang meraih 107 medali terdiri dari 34 medali emas, 38 medali perak dan 35 medali perunggu.

Sumbangan medali ini, menempatkan Kota Bandung yang mengirimkan 233 atlet, tampil sebagai daerah yang paling banyak menyumbangkan total medali dan medali emas untuk kontingen Jawa Barat serta menjadi daerah yang paling mengimkan para atletnya.

Pada acara Rapat Kerja KONI Jawa Barat penghargaan tidak hanya diberikan kepada KONI Kota Bandung tapi kepada pihak lain.

Berikut daftar penerima penghargaan dari KONI Jabar :

1. Atlet berprestasi peraih medali emas terbanyak d PON XX Papua 2021, M Aflah Fadlan Prawira (Renang) dengan raihan 6 medali emas, 3 perak, 1 perunggu dan Rekornas PON 400 meter Gaya Bebas Putra.

2. Atlet berprestasi putra, Andri Agus Mulyana (Dayung). Medali emas PON XX Papua (40% dari raihan cabor peraih medali emas terbanyak)

3. Atlet Berprestasi Putri, Tyas Murtiningsih (Atletik). Peraih medali emas lari 100 meter dan Rekornas : lari 100 meter dari 11.73 menjadi 11.67 detik mengalahkan pelari Olimpiade Tokyo

4.Pelatih Terbaik, Jajang Supriatna (Angkat Besi). Pelatih atas nama Cindy Cantika meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2022.

5.Pelatih dan Pembina Terbaik, Irsan Suteja (renang), pembina, pelatih cabor aqautik yang paling berhasil.

6.Cabang Olahraga Paling Berprestasi, Dayung (PODSI), Atletik (PASI), Angkat Berat (PABERSI) dan Menembak (PERBAKIN).

7.Pembina Cabor Berprestasi :

A.Drs Edi Darmadi MM (Ketua Umum Pengprov PODSI Jabar)

B.Benny R Gautama (Ketua Umum Pengrov Takwondo Indonesia Jabar)

C.Irjen Pol Rudy Sufahriadi (Ketua Umum Pengprov PBVSI Jabar)

D.Gianto Hartono, SE (Ketua Umum Pengprov FORKI

8.Daerah Berprestasi

KONI Kota Bandung

Kota Bandung merupakan daerah penyumbang 67 medali emas dan atlet terbanyak bagi kontingen Jawa Barat yang diraih oleh 58 atlet binaannya

9.Motivator Terbaik, Dr. Komarudin Chalil M.Ag.***

Related Posts

Leave a Reply