English EN Indonesian ID

Pemkot Bandung Berkomitmen Memajukan Prestasi Olah Raga

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusnawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Eddy Marwoto, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung Nuryadi, Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPCI) Kota Bandung Adik Fahroji, beserta undangan lainnya upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Plaza Balai Kota Bandung, pada Rabu (14/9/2022).

BANDUNG – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan pemerintah akan berkomitmen memajukan prestasi olah raga Kota Bandung. Ia ingin, Kota Bandung dapat terus melahirkan atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Hal itu ia sampaikan pada upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 2022 di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu (14/9/2022).

Upacara Peringatan Haornas dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusnawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Eddy Marwoto, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung Dr. Nuryadi, M.Pd, dan Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPCI) Kota Bandung Adik Fahroji dan undangan lainnya.

“Kita selalu memiliki komitmen, daya dukung untuk perbaikan dan prestasi olah raga. Kita selalu dalam frekuensi yang sama, yakni semangat untuk memberikan daya dukung yang terbaik, walaupun dengan pertimbangan yang proporsional,” ujar Ema.

Ema mencontohkan, banyak atlet berprestasi yang hadir di ajang Haornas kali ini. Beberapa atlet yang hadir memiliki prestasi di tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan internasional. Ia mengungkapkan, hal tersebut tidak lepas dari dukungan Pemkot dan stakeholder terkait.

“Haornas 2022 ini sangat meriah. Kita tadi mendengar atlet-atlet Kota Bandung yang memiliki prestasi, baik di tingkat kota, provinsi, nasional, juga menjadi bagian yang mensupply atlet-atlet di level internasional. Ada di SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade,” kata Ema.

Ema pun menekankan, orientasi terhadap prestasi harus menjadi poin utama di samping pembinaan berkesinambungan. Ia yakin, Kota Bandung memiliki potensi untuk terus berprestasi. Terlebih, menurutnya, Kota Bandung selalu menjadi tolak ukur dalam berbagai hal.

“Semua kegiatan ini orientasinya adalah prestasi dan kejuaraan. Bukan hanya berkesinambungan pada sisi pembinaan, tetapi kita juga memiliki target. Karena Kota Bandung, saya yakin memiliki potensi itu. Apalagi Kota Bandung selalu dijadikan barometer dalam hal apapun, termasuk olah raga,” tutur Ema.

Sejalan dengan Pemkot Bandung, DPRD Kota Bandung turut mendorong pengembangan olah raga di Kota Bandung. Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusnawan mengungkapkan, pihaknya sedang mengembangkan olah raga yang berbasis sport science.

“Inilah yang harus menjadi pola pembinaan bidang olah raga kita ke depan. Mulai dari motede pelatihan, asupan gizi, hingga sarana prasarana. Sport science ini kita dukung, sehingga melahirkan atlet-atlet yang mengarah pada prestasi dunia. Karena Kota Bandung ini bukan lagi kelas provinsi dan nasional, tetapi kelas internasional,” jelas Teddy.

Porprov 2022

Dalam waktu dekat, Kota Bandung pun akan menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) 2022 pada November mendatang.
Ema menargetkan Kota Bandung bisa keluar sebagai juara umum pada ajang tersebut.

“Insyaallah kita sudah mempersiapkan dan kita akan berjuang meraih juara umum. Saya punya keyakinan, dengan latihan rutin, pembinaan berjalan, serta daya dukung dari Pemkot Bandung dan DPRD kota,” tutur Ema. (Muhammad Fikri Dzulfikar)*

Related Posts

Leave a Reply