Program Kerja

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang dalam hal ini berada diwilayah tingkat kabupaten/kota, berdasarkan undang – undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) Tahun 2005 pasal 38 ayat 1 dan 2, KONI mempunyai kewenangan secara mandiri untuk membantu pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan pengelolaan olahraga, dan spesifikasi pengelolaan olahraga oleh KONI adalah olahraga prestasi. Olahraga  prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan  (UU SKN Pasal 1 ayat 13).

Selanjutnya berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah satu - satunya organisasi keolahragaan Nasional yang berwenang dan bertanggungjawab mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga prestasi setiap anggota di wilayah Hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam hal ini di wilayah Hukum Kota Bandung.

Sesuai dengan tugas dan kewenangannya, pengurus KONI Kota Bandung yang telah dikukuhkan melalui Surat Keputusan KONI Provinsi Jawa Barat Nomor 23 Tahun 2015, akan selalu berupaya untuk dapat menjalankan organisasi dengan melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang berpedoman pada Rencana Strategis (Renstra) KONI Kota Bandung Tahun 2015-2019 yang telah disahkan melalui Musyawarah Olahraga Kota Bandung (MUSORKOT) Tahun 2015.

Program kegiatan KONI Kota Bandung tahun 2016 merupakan program kegiatan tahap lanjutan. Berdasarkan Renstra KONI Kota Bandung, tahapan program kegiatan tahun 2016 merupakan Masa Pembinaan-Pembentukan Tim Cabang Olahraga (Dekonsentrasi) untuk Persiapan Tim Bayangan Pemusatan Latihan Cabang (PELATCAB) PORDA XIII Jabar 2018 dan Suporting Atlet/Pelatih asal Kota Bandung pada PON XIX/2016.

Pada tahun 2016 akan lebih memfokuskan dalam mempersiapkan atlet-atlet terbaik untuk diterjunkan ke dalam kancah PORDA XIII Jabar tahun 2018 di Kabupaten Bogor, yang secara khusus menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan dalam upaya merebut kembali gelar prestisius sebagai Juara Umum PORDA XIII Jawa Barat tahun 2018

Tujuan akhir pelaksanaan program kegiatan adalah pencapaian prestasi puncak yang ditandai dengan raihan medali emas terbanyak di setiap kejuaraan, baik single event maupun multi event. Dalam mewujudkannya, diperlukan program dan kegiatan yang terencana, terpadu, dan terkoordinasikan dalam setiap tahapannya, sehingga proses pembinaan berjalan secara sistematis, teratur dan berkesinambungan.